PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR TIK PADA SISWA
KELAS ……………….
…………………………………………….
TAHUN 2005/2006
KARYA TULIS ILMIAH
OLEH
………………………………
NIP: ……………………………..
DINAS PENDIDIKAN ……………………
………………………………………………..
|
LEMBAR PENGESAHAN
Setelah membaca dan mencermati karya ilmiah yang merupakan ulasan hasil penelitian yang dipublikasikan dan didokumentasikan di perpustakaan SDN………. hasil karya dari:
1. Identitas Peneliti :
Nama :
NIP :
Unit Kerja :
2. Lokasi Penelitian : SDN
3. Lama Penelitian : 3 Bulan
4. Judul : Penerapan Metode Kooperatif Model Team Assisted Individualization Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar TIK Pada Siswa Kelas ……………………………….. Tahun Pelajaran 2005/2006
Menyetujui dan mengesahkan untuk diajukan sebagai syarat Sertifikasi Guru.
Madiun, Oktober 2005
Kepala Sekolah
…………………….
NIP. ……………………
|
HALAMAN PUBLIKASI
Setelah membaca dan mencermati karya ilmiah yang merupakan ulasan hasil penelitian yang dipublikasikan dan didokumentasikan di perpustakaan SDN…………… hasil karya dari:
1. Identitas Peneliti :
Nama :
NIP :
Unit Kerja :
2. Lokasi Penelitian : SDN
3. Lama Penelitian : 3 Bulan
4. Judul : Penerapan Metode Kooperatif Model Team Assisted Individualization Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar TIK Pada Siswa Kelas ……………………………….. Tahun Pelajaran 2005/2006
Karya Ilmiah ini diajukan sebagai syarat untuk memenuhi syarat Sertifikasi Guru. Karya ilmiah ini dipublikasikan dan didokumentasikan didokumentasikan di perpustakaan SDN………….
Madiun, Oktober 2005
Pustakawan
…………………….
NIP. ……………………
|
KATA PENGANTAR
Dengan mengucap syukur Alhamdulillah kehadirat Allah SWT, hanya dengan limpahan rahmat dan hidayah-Nya, penulis dapat menyelesaikan tugas penyusunan karya ilmiah dengan judul “Penerapan Metode Kooperatif Model Team Assisted Individualization Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar TIK Pada Siswa Kelas ……………………………….. Tahun Pelajaran 2005/2006”, penulisan karya ilmiah ini kami susun untuk dipakai dalam bacaan di perpustakaan sekolah dan dapat dipakai sebagai perbandingan dalam pembuatan karya ilmiah bagi teman sejawat juga anak didik pada latihan diskusi ilmiah dalam rangka pembinaan karya ilmiah remaja.
Dalam penyusunan karya ilmiah ini penulis banyak mendapat bantuan dari berbagai pihak. Untuk itu terima kasih ucapkan dengan tulus dan sedalam-dalamnya kepada:
Penulis menyadari bahwa penulisan karya ilmiah ini jauh dari sempurna untuk itu segala kritik dan saran yang bersifat membangun dari semua pihak selalu penulis harapkan.
Penulis
|
ABSTRAK
…………………, 2005. Penerapan Metode Kooperatif Model Team Assisted Individualization Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar TIK Pada Siswa Kelas ……………………….. Tahun Pelajaran 2005/2006
Kata Kunci: TIK , kooperatif model team assisted individualization
Untuk bisa mempelajari sesuatu dengan baik, kita perlu mendengar, melihat, mengajukan pertanyaan tentangnya, dan membahasnya dengan orang lain. Bukan Cuma itu, siswa perlu “mengerjakannya”, yakni menggambarkan sesuatu dengan cara mereka sendiri, menunjukkan contohnya, mencoba mempraktekkan keterampilan dan mengerjakan tugas yang menuntut pengetahuan yang telah mereka dapatkan.
Penelitian ini berdasarkan permasalahan: (a)Bagaimanakan peningkatan prestasi belajar siswa dengan diterapkannya metode pembelajaran kooperatif model Team Assisted Individualization? (b) Bagaimanakah pengaruh metode pembelajaran kooperatif model Team Assisted Individualization terhadap motivasi belajar siswa kelas ……………. tahun pelajaran 2005/2006?
Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah: (a) Ingin mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa setelah diterapkannya metode pembelajaran kooperatif model Team Assisted Individualization. (b) Ingin mengetahui pengaruh motivasi belajar siswa setelah diterapkan metode pembelajaran kooperatif model Team Assisted Individualization.
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas …………………….. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar.
Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus 1 (62.5 %), siklus 2 (70.83%) dan siklus 3 (87.5%).
Simpulan dari penelitian ini adalah metode kooperatif model Team Assisted Individualization dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar Siswa …………………………………
|
DAFTAR ISI
Halaman
Halaman Judul …………………………………………………………………………………….
Halaman Pengesahan …………………………………………………………………………………….
Kata Pengantar …………………………………………………………………………………………….
Abstrak ……………………………………………………………………………………………………….
Daftar Isi …………………………………………………………………………………………………….
BAB ….. I PENDAHULUAN
BAB II TINJAUAN PUSTAKA
A. Definisi Pembelajaran …………………………………………………………
B. . Pembelajaran Kooperatif …………………………………………………..
C. . Keterampilan-Keterampilan Kooperatif ………………………………..
D. Metode Pembelajaran Kooperatif Model Team
Assisted Individualization …………………………………………………..
BAB III METODOLOGI PENELITIAN
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
BAB V PENUTUP
DAFTAR PUSTAKA
|
Selasa, 13 September 2011
PTK TIK
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
comentar anda di sini!